iPhone 14 Series Dapat Sertifikat TKDN Kemenperin RI, Siap Meluncur di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Tanda-tanda kehadiran jajaran iPhone 14 di Indonesia mulai terlihat. Hal ini seperti munculnya sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk beberapa ponsel teranyar Apple ini. Sertifikat TKDN untuk iPhone 14 Series sudah muncul di laman TKDN milik Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI), dan diterbitkan pada tanggal 22 September 2022. Dari 10 jenis produk yang mendapatkan sertifikat, empat perangkat iPhone yang didaftarkan oleh PT Apple Indonesia tersebut, diketahui merupakan nomor model di lini iPhone 14.

Empat nomor model itu adalah A2882 (iPhone 14), A2886 (iPhone 14 Plus), A2890 (iPhone 14 Pro), dan A2894 (iPhone 14 Pro Max), seperti dikutip dari berbagai sumber. Adapun, nomor sertifikat untuk produk-produk Apple ini bernomor 4615/SJ-IND.8/TKDN/9/2022, dengan semua jenis produk memiliki TKDN sebesar 35 persen. Sertifikat TKDN Kemenperin sendiri menjadi salah satu syarat agar perangkat elektronik dapat dipasarkan di Indonesia. Meski begitu, sejauh ini, belum ada pengumuman resmi oleh beberapa authorized reseller atau situs resmi Apple Indonesia, terkait waktu peluncuran iPhone 14 Series di Indonesia maupun harga lokalnya.

iPhone 13 di tahun 2021 dirilis pada bulan November. Jika boleh memprediksi dengan merujuk pada waktu tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa iPhone 14 juga akan memiliki jadwal peluncuran yang sama yaitu di bulan November. Namun patut diingat, kita masih harus menunggu pengumuman resmi soal peluncuran iPhone 14 Series di Indonesia, baik dari situs resmi Apple maupun pihak authorized reseller, mengingat jadwal bisa berubah-ubah setiap waktu.