Tingkatkan TKDN, Tiga BUMN Sinergi di Program Jargas

BANDUNG, KOMPAS.com – Tiga BUMN melakukan sinergi kerja sama untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dalam pengembangan teknologi tabung gas bumi dan infrastruktur jaringan gas (jargas) untuk 400.000 sambungan rumah tangga sepanjang 2022.  Tiga BUMN tersebut yakni PGN Group sebagai Subholding Gas Pertamina, PT Pindad dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) yang meneken Memorandum of Understanding (MoU) pada 7 Oktober 2022 lalu.  Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, kerja sama PGN dengan PT Pindad dan PT Inti menjadi sinergi antar BUMN dalam mengoptimasi produk dalam negeri pada infrastruktur penunjang gas bumi. Ia menyebutkan, dengan PT Pindad, PGN akan mengembangkan moda distribudi gas bumi melalui tabung gas bumi CNG dan LNG agar penyaluran gas bumi bisa lebih fleksibel.

“Kemudian dengan PT Inti, kami akan kolaborasi dalam memproduksi smart meter penggunaan gas,” kata Achmad melalui keterangannya, Senin (10/10/2022).  Achmad menambahkan, pihaknya siap mendukung dari sisi energi gas untuk PT Pindad untuk proses produksi dan PT Inti, misal dalam produksi keramik, demi menekan penggunaan energi impor.

Smart Meter PT Inti
Selain itu, kerja sama dengan PT Inti juga diharapkan dapat meningkatkan implementasi digitalisasi pada perhitungan pemakaian gas bumi dapat langsung terhubung dengan sistem billing. Sebab, PT Inti memiliki fasilitas untuk memproduksi smart meter gas dengan kapasitas terpasang mencapai 4.000 unit per bulan dan dapat memberikan ruang eksplorasi untuk peningkatan kapasitas per bulannya. “TKDN di PT Inti telah lebih dari 40 persen. Khusus untuk PGN, PT Inti berkomitmen untuk membantu hilirisasi gas,” ujar Direktur Utama PT Inti Edi Witjara dalam MoU tersebut. 

TKDN tabung Gaslink Cylinder
Sebagai informasi, saat ini PGN tengah mengupayakan terobosan penyaluran gas bumi melalui tabung yang lebih movable yakni Gaslink Cylinder untuk penyaluran CNG dan tabung VGL untuk LNG Retail. Dengan demikian, kerja sama dengan PT Pindad untuk tabung gas jadi penting dalam rangka peningkatan TKDN.  “PT Pindad siap mendukung PGN. Derivatif bisnis Pindad akan meliputi tabung gas CNG, LNG, dan peralatan lainnya untuk mendukung gas bumi. Pindad menyambut baik, diharapkan MoU menjadi titik awal kepada kerja sama berikutnya,” kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit P. Santosa dalam kesempatan tersebut. PGN berharap kerja sama tiga pihak ini dapat berjalan dengan baik ke depan dan memberikan kebermanfaatan bagi semua pihak. Sebab, sinergi BUMN dapat memperkuat kontribusi untuk kemandirian energi nasional dan mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri.