Xiaomi Klaim Redmi A1 Jadi HP Pertama di Indonesia dengan TKDN 40%

Detik.com Jakarta - Redmi A1 memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40,3%. Xiaomi mengklaim HP barunya itu menjadi pertama di Indonesia yang mencapai angka tersebut.
Untuk mencapai nilai itu, Xiaomi mengaku banyak menggunakan komponen lokal. Tak hanya hardware, mereka merancang khusus kotak kemasan yang didesain Mi Fan Indonesia.

"Kalau di pabrik kita sendiri di Batam, komponen buat hardwarenya sendirikan 25%. buat assembly board dan lain-lain. Terus ada kayak komponen charger, terus dukungan Mi Fans untuk membuat kotak spesial edisi Indonesia. Jadi kurang lebih seperti itu komponennaya, kalau diakumulasikan 40,3%," papar Calvin Nobel, Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Jumat (28/10/2022).

Calvin mengungkap bila sebelumnya charger masih buatan China. Kini charger yang disertakan dalam kotak penjualan Redmi A1 buatan vendor lokal.

Bicara soal kotak kemasan Redmi A1, Xiaomi mengaku sempat bertanya langsung kepada Mi Fans Tanah Air. Ada banyak desain yang diajukan, namun karya Sigit Setyo Nugroho asal Yogyakarta yang terpilih.

"Kami kemarin memang nanya ke Mi Fans, kira-kira bagaimana kalau kami mendesain boks spesial edisi Indonesia. Akhirnya dari beberapa submission yang masuk salah satu yang terbaik adalah Mas Setyo, Mi Fans dari Jogja," terang Calvin.

"Dia terinspirasi dari elemen-elemen Indonesia, ada rumah adat dan sawah. Kami sangat bangga dengan karya dari Mi Fans. Dari Mi Fans untuk Mi Fans," sambungnya.

Setelah TKDN Redmi A1 tembus 40,3%, Xiaomi punya keinginan perangkat lainnya bisa mencapai angka yang sama.

"Pastinya kami pengen kerja sama terus, bagaimana caranya bisa terus mendukung program pemerintah. Ini saja sudah langkah besar, dari standar 35% menjadi 40,3%. Jadi kita lihat ke depannya, produk seperti apa yang bisa kami kembangkan juga," pungkas Calvin.